Jump to content
FJB - Forum Jual Beli Indonesia

Archived

This topic is now archived and is closed to further replies.

Parno

MANDIRI Layani Pembayaran Transaksi Ekspor-Impor

Recommended Posts

JAKARTA: PT Bank Mandiri Tbk menyediakan layanan Mandiri Global Trade guna memperkuat layanan transaksi perdagangan impor dan ekspor.

 

Mandiri Global Trade akan memudahkan para eksportir, importir, dan pelaku bisnis dalam melakukan transaksi perdagangan global dan lokal secara online, tanpa dibatasi ruang dan waktu, melalui aplikasi berbasis web.

 

Direktur Commercial and Business Banking Bank Mandiri Sunarso mengatakan melalui layanan Global trade, eksportir dapat menyerahkan dokumen ekspor secara elektronik dalam bentuk e-docs kepada bank dan mengajukan penarikan pembiayaan berdasarkan e-docs yang telah diperiksa dan disetujui bank. 

 

Layanan Mandiri Global trade juga dapat membantu importir dan pelaku bisnis dalam penerbitan letter of credit (LC) dan bank garansi, yaitu mengisi aplikasi secara online dan menyerahkan dokumen pelengkap dalam bentuk e-docs untuk diproses oleh bank.

 

”Kami berharap layanan Global Trade dapat dimanfaatkan pelaku bisnis mulai akhir bulan ini dan mendukung upaya meningkatkan transaksi ekspor impor dan bank garansi melalui jaringan Bank Mandiri," tuturnya melalui pers hari ini, Minggu (14/10/2012).

 

Sunarso menyampaikan Bank Mandiri menargetkan transaksi ekspor melalui perseroan mencapai US$63,5 miliar, transaksi impor US$ 60,9 miliar, dan transaksi bank garansi mencapai Rp32,3 triliun.

 

Adapun, per September 2012, transaksi ekspor melalui Bank Mandiri tercatat hingga US$40,8 miliar, transaksi impor US$42,5 miliar atau tumbuh 31%. Perseroan yang dipimpin Zulkifli Zaini ini menguasai market share bank garansi sekitar 24%.

 

Dia menambahkan perseroan juga aktif mengingatkan eksportir untuk melakukan pelaporan transaksi hasil ekspor sesuai dengan ketentuan. Saat ini, para eksportir dan importir dapat melakukan transaksi ekspornya di 13 Trade Service Center (TSC) dan 18 Trade Service Desk (TSD) Bank Mandiri yang tersebar di seluruh Indonesia. 

 

Khusus untuk eksportir dari segmen UKM, Bank Mandiri memberikan layanan edukasi guna meningkatkan daya saing UKM dalam menembus pasar global. Edukasi tersebut meliputi peningkatan kemampuan management perusahaan, perluasan jaringan guna membuka pasar ekspor serta implementasi prinsip-prinsip tata kelola perusahaan yang baik (GCG).

 

”Melalui berbagai inovasi tersebut, kami ingin memberikan berbagai kemudahan layanan trade bagi nasabah pelaku bisnis dan memperlancar masuknya DHE ke Indonesia terutama melalui Bank Mandiri supaya target market share 35% bank penerima DHE utama dan bank penerbit bank garansi utama dengan market share di atas 25%," kata Sunarso. (sut)

 

 

p-89EKCgBk8MZdE.gif

 

Sumber

Share this post


Link to post
Share on other sites

×
×
  • Create New...