Jump to content
FJB - Forum Jual Beli Indonesia

Archived

This topic is now archived and is closed to further replies.

Parno

JOSEPH MCCORRY: Kami Fokus Perkuat Pasar Indonesia

Recommended Posts

SINGAPURA: Mungkin tidak banyak yang tahu bahwa bus, seperti Mayasari dan Trans Jakarta, sudah lama menggunakan transmisi ZF Ecomat buatan ZF Friedrichshafen AG, perusahaan komponen asal Jerman.

 

Kini ZF terus mencari peluang pasar baru dan Asia Pasifik, termasuk Indonesia.

 

Untuk mengetahui lebih jauh rencana ZF, Bisnis mewawancarai Joseph McCorry, Managing Director ZF Asia Pacific Pte Ltd,? di sela-sela peringatan ulang tahun ZF Asia Pacific ke-25 di Singapura, Rabu (19/9). Berikut petikannya.

 

ZF banyak memproduksi komponen kendaraan, seperti casis dan transmisi. Produk apa yang paling banyak dipasarkan di Indonesia?

 

Kami banyak suplai transmisi di sektor transportasi tambang untuk truk pengangkut batu bara seperti Hino, kopling untuk bus Mercedes, serta transmisi untuk bus seperti Mayasari dan Trans Ja karta.

 

Kami juga memasok transmisi mobilpenumpang merek Eropa, seperti BMW, Audi, Mercedes, VW, serta mobil lain seperti Ford dan Land Rover.

 

Bisnis kami di Indonesia cukup bagus, kontribusi terbanyak berasal dari truk dan bus.

 

Bisnis apa yang belum digarap dan peluang ZF untuk memasok komponen monorel?

 

Di bidang perminyakan, kami baru mulai menyuplai pompa dan mobile rig, itu termasuk pasar baru juga.

 

Sudah ada beberapa kontraktor dari PT Pertamina yang menggunakan produk kami, yang tentunya dipakai di lapangan Pertamina juga.

 

Selain itu, ada juga Chevron di Riau. Kalau untuk bisnis perkeretaapian, kami memang sudah memasok komponen monorel di Malaysia.

 

Di Indonesia, kami harap bisa menyuplai transmisi dan shock breaker untuk proyek monorel, kami terus cari peluang itu.

 

Anda menyatakan ZF Asia Pasifik berhasil membukukan penjualan 2,6 miliar euro pada 2011. Seberapa besar kontribusi Indonesia?

 

Kami tidak bisa menngungkapkan angka spesifik per wilayah. Yang jelas, pertumbuhan penjualan di Indonesia cukup tinggi.

 

Indonesia termasuk fokus utama kami sekarang didukung oleh pertumbuh an ekonomi yang bagus, kestabilan po litik, dan tren otomotif yang

meningkat.

 

Gambaran ZF secara global?

 

ZF berdiri sejak 1915. Secara global, penjualan kami pada 2011 mencapai 15,5 miliar euro dan tahun ini ditargetkan 17,5 miliar euro.

 

Selama Januari-Agustus 2012, penjualan sudah mencapai 11,6 miliar euro. Sekarang kami sudah memiliki kantor perwakilan di 10 negara di Asia Pasifik dan Indonesia menjadi salah satu pasar utama.

 

ZF berencana menginvestasikan sekitar 1,5 miliar euro tahun depan. Apakah itu termasuk rencana membangun pabrik sendiri di Indonesia?

 

Tentunya kami ingin melakukan itu [membangun pabrik] tetapi keputusan itu bukan semata-mata berada di tangan kami karena kami selalu mengikuti permintaan pelanggan.

 

Kalau suatu saat kami membangun pabrik di Indonesia, tentu dengan alas an skala ekonomi yang masuk akal.

 

Investasi kami adalah per kategori produk dan kami akan lihat perkembangannya. Di sisi lain, kondisi geografis Indonesia merupakan tantangan juga bagi kami.

 

Namun benar bahwa Indonesia adalah pasar yang besar, tetapi sekarang ini fokus kami adalah menguatkan distribusi dan bekerja sama dengan tiga mitra lokal kami, yakni PT Probesco Disatama, PT Chakra Jawara, dan PT Premium Technica Prima.

 

Bagaimana upaya ZF mendobrak dominasi perusahaan Jepang di Indonesia?

 

Kami mengerti Jepang masih mendominasi pasar otomotif di Indonesia. Dulu kami tidak menyentuh pasar truk Asia. Tapi kini dengan berhasilnya kami masuk ke truk Hino FM260, kami juga mulai masuk ke truk Isuzu FVZ Giga.

 

Kini fokus kami tidak hanya pada kendaraan asal Eropa. Di sisi lain, Jepang sendiri sedang berupaya mencari performance baru dan menjadi lebih terbuka dibandingkan dulu.

 

Memang upaya ini dilakukan pelan-pelan dan tidak akan selesai dalam waktu satu malam.

 

Apa keunggulan produk ZF dibandingkan dengan produk negara lain?

 

Kami tidak harus menjadi yang paling murah di pasar. Fokus kami adalah pada life cylce costing.

 

Memang harga produkproduk kami sedikit lebih tinggi tapi life time-nya bisa 5-10 tahun. Jadi sebenarnya secara jangka panjang, pelanggan bisa lebih hemat.

 

Selain itu, kami? terus mengembangkan inovasi-inovasi baru. Kami sedang mengembangkan transmisi dengan sembilan percepatan otomatis untuk mobil penumpang.

 

Teknologi ini dikembangkan di South Carolina, Amerika Serikat, dan dibuat untuk mobil berpenggerak roda depan.

 

Dengan teknologi baru ini, mobil bisa lebih hemat bahan bakar, mengurangi kebisingan, dan rendah emisi. Tapi memang teknologi ini belum masuk In do nesia dan kami belum bisa bilang kapan.? (ra)

?

 

 

p-89EKCgBk8MZdE.gif

 

Sumber

Share this post


Link to post
Share on other sites

×
×
  • Create New...