Jump to content
FJB - Forum Jual Beli Indonesia

Archived

This topic is now archived and is closed to further replies.

Parno

TOL TRANS JAWA: Pembebasan Lahan & Masalah Pembiayaan jadi hambatan

Recommended Posts

JAKARTA: Pengerjaan tol Trans Jawa masih tehambat pembebasan lahan dan masalah finansial. Tol Trans Jawa yang memiliki sembilan ruas tol itu, masing-masing ruas mempunyai dinamika pertumbuhan sendiri khususnya dalam hal pembebasan lahan.?

 

Pembebasan lahan tol trans jawa secara keseluruhan baru mencapai 53 % dari total 615 km padahal target penyelesaiannya tinggal dua tahun lagi (2014). Jika ditinjau lebih rinci maka terdapat tiga ruas jalan tol Trans Jawa yang mandek atau pengerjaannya terhenti dengan alasan pembiayaan pembebasan lahan.

 

Kasubdit Pembebasan Tanah Bina Marga, Herry Marzuki mengatakan dalam hal pembebasan lahan beberapa tol dalam ruas Trans Jawa mengalami kemajuan, tetapi ada juga yang terhenti sama sekali.

 

"Kalau melihat secara keseluruhan, pembebasan lahan sejauh ini untuk tol Trans Jawa tidak mengalami kemajuan secara signifikan. Namun, perlu diperhatikan bahwa itu terjadi karena beberapa ruas tol sama sekali tidak mengalami kemajuan dalam hal pembebasan lahan" ujar Herry(25/9).

 

Herry Marzuki memaparkan bahwa ruas tol yang mengalami kemajuan pembebasan lahan misalnya Cikampek-Pamalang yan sudah mencapai 96,13% dari total panjang 116 km. "Besok ada penandatangan kontrak antara PT. Lintas Marga Sedaya dengan pihak Bank. Urusan yang lain sudah tinggal tunggu administrasi saja" kata Herry.?

 

Herry melanjutkan 3% yang sisa adalah tanah wakaf tetapi sudah selesai proses penggantian tanah wakaf itu dengan pihak Kemenag.?

 

Berdasarkan aturan tanah wakaf tidak bisa diperdagangkan sehingga kementerian PU mengganti tanah wakaf itu di tempat lain. Untuk pembebasan tanah di ruas ini, pemerintah membutuhkan anggaran sebesar Rp0,55 triliun dengan biaya investasi secara keseluruhan mencapai Rp12,6 triliun.

 

Untuk tol Pejagan-Pemalang yang mempunyai panjang 58 km, pembebasan tanahnya terhenti sejak awal tahun di 29%. Pengnyebab kemandekan menurut Harry investorr penggarap tol ini -PT Rekatunggal Abadi dan PT Selaras Global Dunia- tidak mempunyai dana. Sehingga pembebasan lahan ini terhenti.

 

Sementara Pemalang-Batang pembebasan lahan masih tertahan di 1.82% dari total 39 km. Alasan yang dikemukakan juga sama yakni investor tidak mempunyai dana lagi untuk pembebasan lahan. Pembebasan lahan di tol ini membutuhkan dana Rp0,18 triliun dengan total investasi Rp4,08 triliun.?

 

Kabar baiknya bahwa investor pengerja jalan ini-PT Pemalang Batang Toll Road sudah sepakat untuk melanjutkan kembali. Herry mengatakan perlu pembentukan tim pembebasan tanah lagi, tetapi ada kemungkinan bahwa harga tanah melonjak.

 

Setali tiga uang dengan ?nasib Batang-Semarang juga tertahan di 3,34% dari total 75 km. Untuk pembebasan lahan di toll ini membutuhkan dana sebesar Rp0,565 triliun dengan nilai investasi sebesar Rp7,21 triliun. Pembebasan lahan toll ini sudah terhenti sejak Juli 2011 lalu. Tol ini sendiri dikerjakan oleh PT Karya Trampil Mandiri.

 

Sementara itu tol Semarang-Solo dengan panjang 73 km baru dibebaskan 28,31 persen. ?Kendala di ruas tol ini lebih kepada relokasi bangunan warga di beberapa wilayah. Pembebaskan lahan di ruas jalan tol ini dibutuhkan anggaran sebesar Rp0,927 triliun dengan nilai investasi Rp6,21 triliun. Ruas tol ini digarap oleh PT Jasa Marga dan PT Sarana Pembangunan Jawa Tengah di bawah bendera PT Trans Marga Jateng.

 

Harry menjelaskan tol Solo-Ngawi pembebasan lahan sudah mencapai 72% dari total panjang 90 kilometer dan konstruksinya sudah berjalan 22%. Pembebasan lahan tol ini membutuhkan anggaran Rp0,995 triliun dengan nilai investasi Rp 5,14 triliun. Ruas tol ini dikerjakan oleh PT Solo Ngawi Jaya.?

 

Untuk ruas jalan Ngawi-Kertosono dengan panjang 87 kilometer yang sudah dibebaskan sekitar 36 persen. Permasalahan di toll ini ialah adanya tarik ulur kesepakatan harga tanah antara investor dengan masyarakat.

 

Untuk ruas tol Kertasono-Mojokerto, Harry mengatakan tol sepanjang 41 km itu, pembebasan lahannya sudah mencapai 73% dan konstruksi sudah mencapai 30%. Tol yang ditangani oleh PT Marga Harjaya Infrastruktur ini membutuhkan dana pembebasan lahan Rp0,297 triliun dengan nilai investasi Rp 3,48 triliun. ?

 

Ruas tol terakhir ialah tol Mojokerto-Surabaya yang dikerjakan oleh PT Marga Nujyasumo Agung sudah berhasil membebaskan lahan sebanyak 54% dari total tanah 36 km. Nilai investasi di tol ini mencapai Rp3,4 triliun, sementara untuk pembebasan lahan Rp0,461 triliun. (faa)

 

 

p-89EKCgBk8MZdE.gif

 

Sumber

Share this post


Link to post
Share on other sites

×
×
  • Create New...