Jump to content
FJB - Forum Jual Beli Indonesia

Archived

This topic is now archived and is closed to further replies.

Lebay

5 Titik Rawan Layanan Perbankan Elektronik

Recommended Posts

vuvwUwT5uH.jpgIlustrasi. (Foto: Corbis)

 

 

 

JAKARTA - Pencegahan dan penanganan kejahatan pada layanan perbankan elektronik memiliki beberapa titik rawan. Nasabah pun harus mewaspadai lima hal ini."Berdasarkan kajian yang dilakukan ID-SIRTII, ada lima titik rawan dalam keamanan dan kasus kejahatan terkait perbankan elektronik," ujar Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Ronald Waas, di Seminar Pencegahan dan Penanganan Kejahatan pada Layanan Perbankan Elektronik, di Gedung BI, Jakarta, Kamis (5/7/2012).

 

Pertama, kata Ronald, kerawanan prosedur perbankan yang lemah terhadap proses identifikasi dan validasi calon nasabah. Kedua, kerawanan fisik, kartu ATM yang digunakan bank saat ini jenisnya magnetic stripe card yang tidak dilengkapi pengaman chip.

 

Ketiga, kerawanan aplikasi yang dikembangkan oleh perbankan harus mengikuti faedah secure programming dari front end sampai dengan back end. Keempat, kerawanan perilaku atau faktor manusianya baik dari sisi perbankan maupun dari sisi nasabah yang cenderung careless dalam bertransaksi.

 

"Kelima, kerawanan regulasi dan kelemahan hukum juga masih lemah," ujar Ronald. (wdi)

 

 

p-89EKCgBk8MZdE.gif

 

Sumber

Share this post


Link to post
Share on other sites

×
×
  • Create New...