Jump to content
FJB - Forum Jual Beli Indonesia

Archived

This topic is now archived and is closed to further replies.

Parno

KINERJA EKSPOR: Tak mudah tembus pasar Amerika Latin

Recommended Posts

JAKARTA : Upaya Indonesia menembus pasar Amerika Latin tidak akan mudah mengingat produk dalam negeri harus berhadapan dengan produk asal China.

 

Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan Gusmardi Bustami mengatakan produk asal Negeri Tirai Bambu selama ini dikenal lebih murah, termasuk di Amerika Latin yang kini sedang diincar Indonesia sebagai bagian diversifikasi pasar ekspor.

 

China bisa menjual produk itu dengan harga murah karena beberapa negara di Amerika Latin sudah menjalin perjanjian perdagangan bebas (free trade agreement) dengan Negeri Panda itu, seperti Peru dan Chile.

 

"Persaingan produk kita memang semakin ketat dengan produk China. Di Amerika Latin, produk sepatu dan TPT (tekstil dan produk tekstil) sudah dibanjiri dari China. Tapi, kita akan cari segmen-segmen mana yang belum dimasuki China," katanya, Rabu (26/6/2012).

 

Pemerintah, ujarnya, telah memfasilitasi pengusaha melalui jasa lembaga pembiayaan ekspor dan asuransi ekspor Indonesia, sehingga harga jual produk di negara tujuan bisa berkompetisi dengan produk pesaing.

 

Lembaga asuransi ekspor bisa mengkover risiko yang dihadapi eksportir, misalnya jika barang yang telah dikapalkan tidak dibayar oleh buyer. (ra)

 

 

 

p-89EKCgBk8MZdE.gif

 

Sumber

Share this post


Link to post
Share on other sites

×
×
  • Create New...