Jump to content
FJB - Forum Jual Beli Indonesia

Archived

This topic is now archived and is closed to further replies.

Parno

TOILET BERSIH: Industri jasa wajib memiliki

Recommended Posts

JAKARTA: Perusahaan jasa diminta memperhatikan kebersihan toilet karena telah menjadi kebutuhan masyarakat.

 

"Pertamina misalnya core bisnisnya BBM, tetapi stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) miliknya melayani publik. Jadi kebersihan toiletnya tidak bisa diabaikan. Begitu juga perbankan, bisnisnya keuangan tapi filosofi pelayanannya ke service juga melayani banyak nasabah yang butuh toilet bersih," ungkap Sudaryanto, Ketua Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), hari ini, Selasa (26/6/2012).

 

Dia menilai kepedulian berbagai pihak untuk menjadikan toilet sebagai salah satu fasilitas layanan yang penting penunjang infrastruktur dan operasional perusahaan sudah mulai meningkat.

 

Sudaryanto mengatakan dari perjalanannya ke berbagai daerah pihaknya kini menemukan kondisi toilet terutama di SPBU Pertamina yang sudah membaik.

 

"Kalau dulu mampir di toilet  SPBU Pertamina kesannya jorok dan bisa membuat kita batal buang hajat. Sekarang sudah membaik karena rupanya toilet jadi parameter kinerja operasional SPBU," ungkapnya.

 

Pihaknya mengapresiasi upaya Pertamina yang mengukur sedikitnya 30% kinerja dari mitra-mitra kerjanya dalam penilaian kinerja operasionalnya sehari-hari sehingga pengelola SPBU bersungguh-sungguh dalam menyiapkan toilet bersih bagi konsumennya.

 

"Kalau pengelolaan toiletnya buruk akan berpengaruh pada margin yang diperoleh SPBU, apalagi antara yang bersertifikat. Pasti Pas yang tidak bersertifikat pembagian keuntungannya beda," jelasnya.

 

Untuk itulah pihaknya pihaknya berharap perusahaan yang bergerak di bidang jasa agar memasukan toilet bersih sebagai bagian dari standar prosedur operasionalnya sehari-hari.

 

"Kalau SPBU sekarang ada tiga parameter yang jadi penilaian Pertamina yaitu kelengkapan infrastruktur, pengelolaan sumber daya manusia dan penerapan Standard Operational Procedure (SOP) seperti memberikan salam pada konsumen dan menyediakan toilet bersih," kata Sudaryanto.(msb)

 

BACA JUGA:

 

 

 

p-89EKCgBk8MZdE.gif

 

Sumber

Share this post


Link to post
Share on other sites

×
×
  • Create New...