Jump to content
FJB - Forum Jual Beli Indonesia

Archived

This topic is now archived and is closed to further replies.

Parno

BNI gencarkan ekspansi layanan non inti perbankan

Recommended Posts

JAKARTA: PT Bank Negara Indonesia Tbk gencar mengembangkan layanan di luar inti bisnis industri perbankan guna meraih kesetiaan nasabah yang sudah ada sekaligus akuisisi nasabah baru.

 

Direktur Konsumer dan Retail Bank Negara Indonesia (BNI) Darmadi Sutanto mengungkapkan salah satu inovasi perseroan guna meningkatkan hal tersbeut adalah pembukaan Gallery BNI di cabang-cabang yang terletak di pusat perbelanjaan.

 

"Kami lihat selama ini kan cabang kami selama ini agak sepi pengunjung, padahal cabang di mall [pusat perbelanjaan] juga kan buka di akhir pekan. Jadi kami tujuannya ingin agar meningkatkan transaksi dan pembukaan rekening juga maka kami buka BNI Gallery ini," ujarnya hari ini Kamis 3 April 2012.

 

Noviana C. Purnamasari, Vice President Emerald and Affluent Segment, BNI mengungkapkan dengan adanya galeri tersebut, perseroan berharap pembukaan rekening baru dapat melonjak dua kali lipat atau sebanyak lima hingga 10 rekening setiap hari.

 

Darmadi melanjutkan pembukaan gerai tersebut salah satunya untuk membantu fokus perseroan meningkatkan tabungan nasabah konsumer ritel. Per Desember 2011 total dana pihak ketiga (DPK) yang berasal dari segmen konsumer mencapai Rp116 triliun dengan total tabungan Rp79 triliun.

 

Pembukaan gerai tersebut diharapkan dapat berkontribusi pada target perseroan meraih peningkatan dana tabungan menjadi Rp100 triliun pada akhir tahun ini.

 

BNI Gallery merupakan pengembangan dari konsep Walk in Center yang dikembangkan pada cabang akhir pekan khususnya yang berlokasi di pusat perbelanjaan.

 

Guna menarik perhatian pengunjung, cabang akhir pekan lantas melayani penjualan produk ritel dengan gerai pilihan untuk meningkatkan penggunaan kartu kredit dan kartu debit. Adapun yang dapat berbelanja dalam galeri tersebut hanyalah nasabah BNI.

 

Darmadi melanjutkan sebagai proyek perdana, perseroan membuka BNI Gallery di 6 lokasi di Jakarta, antara lain di Pondok Indah Mall 2, Gandaria City, Central Park, Senayan City, Pacific Place dan di Wisma 46.

 

"Untuk pembukaan galeri ini investasi yang kami lakukan sedikit sekali karena kami hanya perlu memperluas gerai dan sedikit perubahan tata letak. Selain itu pengadaan barang dan lainnya bekerja sama dengan merchant," jelasnya.

 

Selain pembukaan cabang galeri, BNI juga mulai fokus memberikan sokongan kepada kegiatan-kegiatan di luar industri perbankan seperti memberikan dukungan pada pameran kesenian ataupun konser musik.

 

Sepanjang tahun ini saja perseroan telah menjadi sponsor sekaligus menajdi pusat penjualan tiket konser musik Katty Pery, Il Divo, Chrisye, Agnes Monica dan Lady Gaga. Rencananya perseroan juga akan menghadirkan Cirque du Soleil pada akhir tahun nanti.

 

Tak hanya itu, cabang-cabang akhir pekan perseroan juga mulai melayani pembelian tiket perjalanan, antara lain pembelian maupun pembayaran tiket kereta api.

 

"Sebenarnya fee based income yang kami dapat juga tidak banyak. Kan kami yang memberi kepada mereka. Namun ini dapat meningkatkan transaksi kartu kredit dan debit kami, karena untuk membeli tiket mereka juga harus menggunakan kartu kami.

 

Adapun dalam triwulan I/ 2012 perseroan telah mengakuisisi 140.000 nasabah baru kartu kredit. Dengan demikian total nasabah kartu kredit saat ini mencapai 1,85 juta orang. (sut)

 

 

p-89EKCgBk8MZdE.gif

 

Sumber

Share this post


Link to post
Share on other sites

×
×
  • Create New...