Jump to content
FJB - Forum Jual Beli Indonesia

Archived

This topic is now archived and is closed to further replies.

Lebay

Marketing Jurus Sepeda

Recommended Posts

MydoFQTyrW.jpgTung Desem. Foto: Dahsyat

 

 

 

Apa sih “Marketing Jurus Sepeda”? bagi Anda yang belum mengikuti artikel minggu lalu, mungkin Anda akan bertanya-tanya akan hal itu.Yang dimaksud adalah: berbagai ide dan strategi marketing yang bisa kita petik dari sejarah dan perkembangan tren sepeda belakangan ini, yang mampu memberikan inspirasi bagi pemasaran produk atau jasa kita.

 

Dalam “Marketing Jurus Sepeda” kita juga bisa menekankan adanya variasi. Contohnya, banyak orang mungkin masih mengartikan sepeda sebagai alat transpotasi semata.

 

Pada awalnya memang seperti itu, namun dalam perjalanan waktu, kita mengenal berbagai jenis sepeda: sepeda BMX, Sepeda Gunung, Sepeda jalan raya, sepeda lipat dan sebagainya. Dan hebatnya, apapun jenis sepedanya tetap sangat diminati hingga kini. Maksudnya, jika kita ingin mengembangkan suatu bisnis perhatikan hal itu juga, buatlah berbagai variasi jenis dari produk atau jasa kita.

 

Tentunya harus membuat suatu perencanaan yang jelas, baik mengenai target market, target penjualan, dan sebagainya. Sebangai contoh ada bisnis donat dari luar negeri yang sudah sangat terkenal sejak berpuluh tahun lamanya.

 

Namun kurang diminati oleh konsumen di Indonesia, salah satu penyebabnya antara lain karena variasi produknya yang sangat terbatas. Dan di sisi lain ada bisnis donat yang belum lama ada di Indonesia, namun sangat laris luar biasa. Salah satu penyebabnya adalah banyaknya variasi yang menarik konsumen.

 

Yang memungkinkan konsumen untuk bisa menikmati lebih banyak pilihan rasa, bentuk dan penampilannya. Maka, jangan sampai kita memiliki suatu produk atau jasa yang selalu monoton, tidak bisa mengikuti tren (atau tidak mau mengikuti selera dan kebutuhan market yang semakin berkembang).

 

Celah market akan selalu ada, namun jika kita tidak berani untuk melakukan suatu terobosan, bisa jadi kita akan ditinggalkan oleh konsumen; karena mereka merasa bosan dengan produk atau jasa kita.

 

Maka, selain memberikan nilai tambah yang luar biasa, pastikan kita memberikan berbagai alternatif atau pilihan yang membuat konsumen semakin meminati dan setia dengan produk kita.

 

Untuk membuat variasi produk antara lain bisa dilakukan dengan pengulangan tren. Contohnya, beberapa puluh tahun lalu sepeda fixed gear atau yang lebih dikenal sebagai sepeda fixie menjadi salah satu tren, kemudian sempat tidak terdengar lagi kabarnya.

 

Namun dalam beberapa tahun terakhir sepeda fixie mulai naik daun lagi dan banyak diminati. Tentunya dengan menambahkan modifikasi dan added value. Kalau dulu sepeda fixed gear hanya memiliki desain yang terbatas dan bisa dikatakan hanya lakilaki dewasa yang mau menaikinya.

 

Namun sekarang, dengan diberikan warna-warni yang jauh lebih cerah, bentuk yang lebih menarik, dan lebih nyaman untuk digunakan, maka tidak heran bila semua kalangan mulai menyerbu sepeda jenis ini, baik laki-laki ataupun perempuan.

 

Inspirasinya, jika Anda ingin membuka suatu bisnis atau mengembangkan bisnis, tidak harus Andalah yang menjadi penemunya. Anda juga bisa memiliki produk atau jasa yang laris manis dengan belajar dari tren, kemudian mengangkat kembali tren yang pernah ada dan selanjutnya berikan modifikasi serta nilai tambah.

 

Bina & rawat lah konsumen atau market community Anda dengan optimal. Contohnya, sekarang sangat banyak kegiatan yang bisa dilakukan dengan sepeda.

 

Ada perlombaan ketangkasan sepeda, lomba balap sepeda, lomba menghias sepeda, dsb. Yang bisa menjaring, menjaga, sekaligusmemelihara market Anda. Membuat suatu komunitas ternyata sangat efektif dalam menciptakan & meningkatkan tren sekaligus menjaga target market anda. Dan akhir-akhir ini beberapa produsen sepeda yang mengadakan suatu kegiatan yang sangat efektif dalam menjaring target market yang tepat.

 

Contohnya : acara sepeda bersama para CEO. Acaranya terlihat sederhana, namun dampaknya akan sangat luar biasa. Bayangkan, jika CEO nya saja mau untuk bersepeda, tentunya team atau bawahannya tidak malu lagi untuk bersepeda, dan tentunya akan lebih banyak target market yang bisa disentuh dan dioptimalkan. Pelajarannya; apapun produk/jasa kita, buatlah suatu jaringan aktivitas komunitas secara rutin sesuai target market Anda.

 

Kemudian berikan mereka selalu penawaran yang luar biasa, hingga nantinya mereka akan tetap dengan senang hati memilih produk anda, bahkan mau mereferensikannya kepada orang lain. Karena dalam faktanya, masih banyak bisnis atau perusahaan yang tidak mengoptimalkan cara ini.

 

Ingin mendapatkan GRATIS! berbagai Voucher Seminar yang menarik dan jika Anda ingin lebih sukses dalam bisnis ataupun karir Anda lewat Marketing, silakan email sekarang juga ke: MarketingRevolution@ dahsyat.com

TUNG DESEM WARINGIN

Pelatih Sukses No. 1 Indonesia

follow Twitter : twitter.com/tungdw &

 

STEPHANUS P HARDJANTO (TDW Senior Coach Partner)

follow Facebook: http://www.facebook.com/stephanus.ph (Koran SI/Koran SI/ade)

 

 

p-89EKCgBk8MZdE.gif

 

Sumber

Share this post


Link to post
Share on other sites

×
×
  • Create New...