Jump to content
FJB - Forum Jual Beli Indonesia
Masuk untuk mengikuti  
bot

Nataru 2026, TelkomGroup Siagakan 13.700 Personel Jaga Layanan Digital

Recommended Posts

Jakarta, CNN Indonesia --

Jelang momen perayaan Natal 2025 dan Tahun Baru 2026 (Nataru 2026), PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) bersama seluruh operating company memastikan keandalan infrastruktur digital di seluruh wilayah Indonesia melalui peninjauan ke Posko TelkomGroup Siaga Nataru 2025/2026 di wilayah Telkom Regional III, Malang, pada Senin (15/12).

Peninjauan dilakukan langsung oleh Direktur Utama Telkom Indonesia, Dian Siswarini, bersama Komisaris Independen, Ira Noviarti, dan Direktur Human Capital Management, Willy Saelan. Kegiatan yang dilaksanakan secara hybrid dengan terhubung ke Command Center Telkom Integrated Operation Center (TIOC) dan seluruh posko nasional dan regional ini sekaligus mewujudkan implementasi pilar strategi transformasi TLKM 30 dalam penguatan keunggulan operasional dan layanan.

Dalam mengantisipasi peningkatan aktivitas digital masyarakat, TelkomGroup melakukan penyiapan secara terintegrasi yang mencakup aspek teknis jaringan dan kesiapan personel operasional. Melalui optimalisasi infrastruktur, penguatan sistem monitoring, serta dukungan sumber daya manusia yang mumpuni, TelkomGroup berupaya menjaga stabilitas dan kualitas layanan secara konsisten, sehingga pelanggan dapa tetap terhubung dan menikmati layanan digital yang aman, nyaman, dan andal.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Direktur Utama Telkom Indonesia, Dian Siswarini mengatakan, momen Natal dan Tahun Baru merupakan periode yang krusial, kebutuhan layanan konektivitas digital cenderung meningkat tajam.

"Fokus kami adalah memastikan seluruh kebutuhan konektivitas masyarakat dapat terpenuhi secara optimal, sehingga TelkomGroup dapat menghadirkan layanan prima dan mendukung setiap momen kebersamaan tanpa kendala yang signifikan," ujar Dian.

Dalam rangka memastikan kelancaran layanan, TelkomGroup menyiapkan infrastruktur dan IT Tools yang beroperasi secara redundant. Didukung 14 infrastruktur kabel laut domestik serta jalur trafik internasional melalui dua gateway di Batam dan Manado dengan dengan total kapasitas hingga 23,2 Tbps atau naik sebesar 12% YoY, TelkomGroup memastikan keandalan jaringan tetap terjaga meski intensitas penggunaan tinggi.

Selain itu, penguatan jaringan akses juga dilakukan melalui optimalisasi lebih dari 4 ribu BTS 5G Telkomsel yang tersebar di 56 kota. Guna menjaga kualitas layanan di kawasan dengan tingkat mobilitas tinggi, TelkomGroup memperkuat pengamanan infrastruktur dan layanan telekomunikasi di 437 Point of Interest (POI) Mobile yang mencakup berbagai tempat publik.

Sementara itu, bagi segmen enterprise, TelkomGroup memastikan konektivitas digital tetap stabil di tengah arus mudik Nataru melalui penguatan 1.665 POI yang mendukung layanan publik.

Keseluruhan aktivitas pengawalan infrastruktur dan layanan digital TelkomGroup dimonitor secara terpusat melalui 22 Posko Siaga Nataru 2025/2026 yang terdiri dari 9 posko utama dan 13 posko anak perusahaan. Seluruh posko beroperasi hingga 6 Januari 2026, didukung 13.700 personel yang bertugas secara bergantian selama 24 jam seminggu.

Kegiatan operasional posko juga dilengkapi sistem smart command center untuk memonitor layanan dan infrastruktur secara rutin.

Pada kesempatan yang sama, Komisaris Independen Telkom, Ira Noviarti mengingatkan penting bagi Telkom untuk memberikan pelayanan terbaik dan menggunakan kesempatan ini untuk memperkuat posisi di pasar. Ira juga menyampaikan apresiasi atas dedikasi seluruh pegawai TelkomGroup yang mendukung pengawalan momen Nataru 2025/2026.

"Terima kasih untuk seluruh pegawai TelkomGroup yang telah berkontribusi dalam penyelenggaraan Posko Siaga Nataru. Saya mengimbau semua pihak di TelkomGroup untuk bisa memberikan service yang terbaik bagi seluruh pelanggan dan masyarakat di Indonesia," ujar Ira.

Selain memastikan kesiapan jaringan, TelkomGroup menghadirkan beragam program dan penawaran khusus bagi pelanggan, baik segmen retail untuk pelanggan Telkomsel maupun bagi pelanggan Telkom Solution dan Indibiz pada segmen korporasi, enterprise, dan UMKM.

Berbagai promo menarik, kemudahan berlangganan layanan, serta dukungan ekosistem aplikasi digital dihadirkan untuk menunjang kebutuhan komunikasi, hiburan, produktivitas, dan aktivitas digital pada periode Nataru 2026.

Usai meninjau Posko Siaga Nataru 2025/2026 Malang dan pelaksanaan apel kesiapan nasional, BOC dan BOD TelkomGroup turut melakukan kunjungan ke GraPARI TelkomGroup Kayutangan, Malang untuk berinteraksi langsung dengan pelanggan. Kegiatan ini menjadi bagian dari komitmen TelkomGroup meningkatkan pengalaman pelanggan secara berkelanjutan.

Pada kesempatan itu, Direktur Utama Telkom, Dian Siswarini juga menyerahkan apresiasi atas dukungan dan kepercayaan pelanggan. Kemudian, jajaran BOC dan BOD TelkomGroup juga meninjau kesiapan operasional di GraPARI.

Tidak hanya berfokus pada aspek operasional dan bisnis, TelkomGroup juga memaknai momentum Natal dan Tahun Baru dengan menjalankan kegiatan sosial meliputi penyaluran bantuan sosial bagi korban bencana alam banjir dan bantuan alat produksi bagi UMKM MakRum, binaan Rumah BUMN Telkom di Malang, serta bantuan Siaga Nataru yang juga disalurkan dalam skala nasional.

"Menjelang penghujung tahun, kami ucapkan terima kasih atas kepercayaan dan dukungan yang diberikan oleh masyarakat kepada TelkomGroup. Selamat menikmati momen libur bersama keluarga. Semoga di tahun 2026 mendatang kita dapat terus bersama-sama melangkah maju dan bertransformasi menuju masa depan digital yang inklusif dan berkelanjutan," pungkas Dian.

(rea/rir)

====
[1]

References

  1. ^ ==== (www.cnnindonesia.com)

Sumber

Share this post


Link to post
Share on other sites
Masuk untuk mengikuti  

×
×
  • Create New...