Jump to content
FJB - Forum Jual Beli Indonesia

Archived

This topic is now archived and is closed to further replies.

Parno

KOMPLAIN KONSUMEN: Produk Asuransi Paling Banyak Dilaporkan Ke OJK

Recommended Posts

 JAKARTA--Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat mayoritas pengaduan yang disampaikan masyarakat kepada badan baru keuangan tersebut didominasi pengaduan terhadap produk asuransi.

 

 

 

 Komisioner OJK Nurhaida mengatakan jumlah total pengaduan dan permintaan informasi masyarakat kepada lembaga itu ada 7 kali di awal Januari, 180 kali di akhir Januari, dan 300 kali di Februari.

 

 

 

"Dari jumlah itu, sebanyak 70% berupa permintaan informasi dan 20% pengaduan. Mayoritas dari pengaduan itu terkait produk asuransi. Kami harapkan tidak terlalu tinggi pengaduan dari sisi pasar modalnya," ujar Nurhaida yang membawahi bidang pasar modal di OJK, dalam pidato pembukaan acara penghargaan reksa dana terbaik  sore ini (28/2).

 

 

 

 Dia menjelaskan angka pengaduan tersebut tidak mencerminkan lebih tingginya potensi pelanggaran jenis produk keuangan atau yang dilakukan pelaku industri tertentu saja, termasuk asuransi dan pasar modal.

 

 

 

 Menurutnya, kemungkinan besar pengaduan asuransi yang dominan di OJK hanya berupa klaim yang sulit ditarik mengingat jumlah pemegang polis asuransi yang sudah banyak dan bukan potensi pelanggaran serius.

 

 

 

 Pada kesempatan yang sama, Nurhaida menuturkan OJK juga sedang merumuskan konsep dan mengajak otoritas bursa dan pelaku pasar modal melakukan sosialisasi bersama-sama, termasuk dengan sosialisasi untuk produk reksa dana. (

 

 

 

Ke depannya, Nurhaida mengatakan sosialisasi reksa dana juga dilakukan bersama dengan otoritas bursa dan pelaku pasar modal yang lain yaitu sekuritas. (if)

 

 

p-89EKCgBk8MZdE.gif

 

Sumber

Share this post


Link to post
Share on other sites

×
×
  • Create New...