Jump to content
FJB - Forum Jual Beli Indonesia

Archived

This topic is now archived and is closed to further replies.

Parno

PELINDO IV: Pelabuhan Paotere Khusus Bongkar Muat Skala 5.000 Ton Kebawah

Recommended Posts

MAKASSAR--PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) IV (Persero) akan mengembangkan konsep pelabuhan metropolitan di Makassar dengan membagi sejumlah pelabuhan sesuai kriteria dan konsep. 

 

Direktur Utama PT Pelindo IV Harry Sutanto mengatakan pengembangan tersebut dimulai dengan meresmikan Pelindo IV Cabang Paotere yang akan khusus menangani bongkar muat kapal kargo skala dibawah 5.000 ton.

 

 

"Nantinya, kapal-kapal kargo skala 5.000 ton kebawah yang ada di Dermaga Peti Kemas Soekarno Hatta Makassar akan dibongkar di Pelabuhan Paotere," kata Harry seusai Peresmian Pelindo IV Cabang Paotere, Jumat (8/2/2013).

 

Namun dia mengatakan proses bongkar muat tersebut akan dilakukan, setelah dermaga di Pelabuhan Paotere diperbaiki.

 

Dia juga mengatakan selain konsep memindahkan sebagian aktivitas bongkar muat di Dermaga Soekarno Hatta ke Pelabuhan Paotere, pihaknya juga akan mengoptimalkan Pelabuhan Garonggong di Barru untuk bongkar muat barang yang bisa mengganggu produk lainnya, seperti semen, material bangunan dan pupuk. 

 

 

Begitu pula dengan pelabuhan penumpang akan dipindahkan ke Takalar, sehingga seluruh aktivitas di Makassar akan fokus pada bongkar muat peti kemas. 

 

 

“Jadi, masing-masing pelabuhan nanti memiliki konsep sendiri-sendiri. Sekarang kami mulai dulu dari Pelabuhan Paotere, untuk pelabuhan penumpang di Takalar tergantung pemerintah, karena itu milik pemerintah. Intinya, kami ingin membagi klasifikasi pelabuhan agar tidak tercampur satu dengan lainnya, karena ada barang-barang yang seharusnya tidak dibongkar bersama dengan semen dan pupuk," terangnya. 

 

 

Hanya saja, untuk menerapkan hingga optimal konsep tersebut menurutnya, membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

 

Tahun ini, pihaknya telah menyiapkan investasi sebesar Rp774 miliar diluar pengerjaan pelabuhan penumpang di Takalar, yang 100% ditanggung oleh pemerintah. 

 

 

Khusus untuk perbaikan Pelabuhan Paotere, Pelindo juga telah menyiapkan alokasi khusus. Hal utama yang harus segera dikerjakan di Pelabuhan Paotere adalah memperbaiki dermaga 10 yang telah rapuh. 

 

 

Selama ini Pelabuhan Paotere telah beroperasi namun berada dibawah kendali Pelindo IV Cabang Makassar. (wde) 

 

 

p-89EKCgBk8MZdE.gif

 

Sumber

Share this post


Link to post
Share on other sites

×
×
  • Create New...