Jump to content
FJB - Forum Jual Beli Indonesia

Archived

This topic is now archived and is closed to further replies.

Parno

TV LAYAR LEBAR: Penjualan Naik 100% Senilai Rp400 Miliar

Recommended Posts

JAKARTA: Penjualan produk televisi layar datar berukuran besar (big size TV) mencapai Rp400 miliar pada semester I/2012, atau tumbuh 100% dibandingkan dengan periode sama tahun lalu.

 

Berdasarkan data yang dihimpun dari anggota Electronic Marketer Club, penjualan produk itu mencapai 25.000 unit secara nasional.

 

Rudyanto, Ketua Electronic Marketer Club, mengemukakan penjualan produk televisi berukuran besar diprediksi terus tumbuh hingga 5 tahun ke depan.

 

Menurutnya, penjualan produk itu didukung sejumlah faktor, antara lain penjualan produk liquid crystal display (LCD) serta menjamurnya banyak film yang masuk ke Indonesia.

 

Selain itu, sambungnya, pilihan harga yang bervariasi menyebabkan penjualan produk ini selalu tumbuh setiap tahun.

 

“Varian produk big size TV juga makin banyak sehingga konsumen bisa memilih dengan mudah,” ungkapnya kepada Bisnis, Minggu (26/8/2012).

 

Pasar produk ini, ujarnya, sangat potensial untuk dikembangkan sehingga sejumlah pabrikan elektronik gencar meluncurkan produk tersebut.

 

Dia menjelaskan keinginan memperoleh nuansa berbeda menjadi faktor utama konsumen memilih produk ini untuk menjalani hobi menonton.

 

“Konsumen ingin menjalani sesuatu yang berbeda dari biasanya, sehingga home theatre menjadi pilihan mereka,” tegasnya.

 

Rudyanto mengemukakan saat ini sejumlah pabrikan elektronik berlomba-lomba merilis televisi layar besar. Hal itu membuktikan pasar produk tersebut semakin tumbuh di Indonesia.

 

“Pasarnya beraneka ragam, mulai dari keluarga, perumahan, pemerintah, hingga korporasi,” ujarnya.

 

Menurutnya, konsumen biasanya ingin mencari suasana yang berbeda daripada kondisi biasanya sehingga TV layar besar menjadi salah satu alternatif.

 

Selain itu, ujarnya, kemampuan menghasilkan produk TV berukuran besar itu menjadi nilai tambah tersendiri bagi produsen di mata konsumen.

 

“Kemampuan memproduksi TV besar menunjukkan produsen memiliki teknologi tinggi dan diharapkan berpengaruh pada psikologi pasar dan juga memengaruh penjualan,” tuturnya.

 

Product General Manager PT Sharp Electronics Indonesia, Herdiana Anita, mengungkapkan rata-rata penjualan produk TV big screen selama semester I/2012 mencapai 800 unit per bulan.

 

Dengan peluncuran produk Sharp Aquos-80 inch, perusahaan tersebut optimistis mampu merealisasikan target penjualan 1.000 unit per bulan.

 

“Khusus untuk produk big screen 80 inchi, kami menargetkan penjualan 80 unit per bulan,” ujarnya.(bas)(Foto:realhometheaters.com)

 

 

p-89EKCgBk8MZdE.gif

 

Sumber

Share this post


Link to post
Share on other sites

×
×
  • Create New...