Jump to content
FJB - Forum Jual Beli Indonesia

Archived

This topic is now archived and is closed to further replies.

Parno

OMZET WARALABA Capai Rp 57 Miliar Semester I/2012

Recommended Posts

JAKARTA-- Komite Tetap Waralaba dan Lisensi Kamar Dagang dan Industri Indonesia memperkirakan omzet franchise per semester I/2012 mencapai 50% dari realisasi tahun lalu sebesar Rp114 triliun.

 

Amir Karamoy, Ketua Komite Tetap Waralaba dan Lisensi Kadin Indonesia, mengatakan fundamental ekonomi yang cukup kuat selama 6 bulan pertama 2012 menopang pertumbuhan waralaba.

 

"Secara konservatif, kami memrediksikan omzet waralaba tahun ini hampir sama dibandingkan dengan 2012. Per semester 1, realisasinya diperkirakan sudah mencapai 50%," ujarnya kepada Bisnis, Senin (9/7/2012).

 

Amir mengatakan pertumbuhan waralaba paling signifikan terjadi pada bidang usaha makanan dan kuliner lainnya.

 

Selama periode libur sekolah, lanjutnya,  penjualan produk makanan dan minuman mengalami peningkatan cukup tinggi.

 

Menurut dia, pertumbuhan omzet terjadi secara merata, baik untuk waralaba asing maupun lokal.

 

"Berdasarkan pemantauan kami, waralaba lokal menunjukkan perkembangan positif, terlihat dari banyaknya laporan tentang pertumbuhan bisnis yang dijalankan," paparnya.

 

Amir mengatakan momentum pertumbuhan omzet juga akan terjadi pada periode Ramadan--Idulfitri.

 

Pada masa itu, lanjutnya, konsumsi masyarakat selalu meningkat dibandingkan kondisi normal.

 

"Konsumsi masyarakat menjelang Lebaran biasanya cukup besar. Waralaba lokal punya kesempatan lagi untuk mengatrol pertumbuhan bisnis," ujarnya.

 

Di sisi lain, Amir mengatakan ekspansi waralaba asing mungkin akan sedikit mengendur sambil menunggu revisi Peraturan Menteri Perdagangan terkait franchise.

 

Namun begitu, lanjutnya, minat asing untuk memperluas bisnis waralaba di Tanah Air masih terhitung bagus.

 

Evi Diah Puspitawati, Associate Counsultant Internasional Franchise Business Management, mengatakan stabilitas politik dan ekonomi menjadi kunci pertumbuhan waralaba secara nasional.

 

"Selama semester 1/2012 bisnis waralaba berjalan bagus, terlihat dari adanya ekspansi jaringan dan bermunculannya pemain baru," katanya.

 

Berdasarkan catatan IFBM, empat jenis usaha waralaba yang berkembang cukup baik ialah kuliner, pendidikan, otomotif, dan biro perjalanan wisata.

 

Menurutnya, wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi masih jadi kawasan penyumbang terbesar bagi pertumbuhan waralaba.

 

"Namun ada juga beberapa waralaba yang awalnya muncul dari tingkat kabupaten, kemudian ekspansi dengan membuka jaringan di Jakarta," katanya. (bas)(Foto:time.windeos.com)

 

 

p-89EKCgBk8MZdE.gif

 

Sumber

Share this post


Link to post
Share on other sites

×
×
  • Create New...