Jump to content
FJB - Forum Jual Beli Indonesia

Archived

This topic is now archived and is closed to further replies.

Lebay

Rahasia Agar Produk Kita Disukai & Selalu Dicari

Recommended Posts

GmnZjXRSVv.jpgTung Desem. Foto: dok pribadi

 

 

 

Apakah Anda pernah ditawari sebuah produk dengan harga cukup tinggi, namun Anda tertarik dan akhirnya mau membelinya?Setelah transaksi, kemudian Anda sempat berpikir "Mengapa si penjualnya bisa tahu kalau saya benar–benar membutuhkan dan menyukai produk itu, ya? Hebat sekali dia, baru bertemu sekali, namun saya bisa merasa percaya dan mau membeli dari apa yang ditawarkannya".

 

Beberapa waktu kemudian, ketika Anda ingin membeli produk itu kembali, maka dengan senang hati Anda mencari penjual tersebut (meski mungkin ada penjual lain yang menawarkan produk sejenis). Bahkan, tanpa diminta, Anda mau merekomendasikan penjual tersebut kepada teman, keluarga atau mitra Anda.

 

Mungkin beberapa orang menyebut si penjual itu mempunyai ESP atau Extra Sensory Perception yang luar biasa. ESP dalam hal ini bisa diartikan sebagai suatu kemampuan yang dimiliki seseorang/penjual untuk bisa mengerti dengan mendalam akan karakter orang lain, sehingga seseorang/penjual tersebut mampu mengetahui dengan lebih mendalam akan apa yang sebenarnya diinginkan atau dibutuhkan oleh orang lain. Kemampuan ini sebenarnya bisa dimiliki seseorang yang mau mendalami dan mengembangkannya.

 

Jika digunakan dengan tepat, kemampuan ini bisa membantu seorang penjual untuk bisa memberikan presentasi/komunikasi yang lebih baik sehingga lebih mudah dan cepat memberikan penjelasan yang lebih menarik dan tentu saja lebih menjual.

 

Seperti yang dikatakan oleh Maxwell Maltz, seorang ahli dalam bidang Psycho- Cybernetics, bahwa jika dalam benak kita terdapat gambaran tentang keberhasilan yang jelas, penuh keyakinan sangat kuat, maka hal tersebut mampu mengarahkan mekanisme-pembentuk citra diri kita untuk menciptakan bahasa tubuh dan komunikasi nonverbal yang benar.

 

Dengan demikian, itu akan bisa membantu membentuk suatu karisma atau citra diri yang kuat dari dalam diri kita, termasuk wajah atau ekspresi yang membantu efektivitas komunikasi yang kita lakukan. Menurut Maxwell, wajah dan mata kita mampu memberikan suatu pesan secara efektif.

 

Manusia ternyata mampu memperlihatkan hingga 20 ribu ragam ekspresi wajah. Woow...Anda bayangkan 20 ribu ragam ekspresi!. Maka dari itu, kita harus senantiasa mempraktikkan agar lebih mudah mengetahui dengan efektif makna di balik ekspresi orang lain.

 

Sering-seringlah praktik menghadapi konsumen/klien Anda, dan terus buat catatan serta analisis tertulis sehingga mempermudah Anda dalam memahami karakter orang-orang yang Anda hadapi di kemudian hari. Steve Jobs, pendiri perusahaan komputer Apple adalah salah satu penjual terbaik dunia.

 

Dengan cara yang luar biasa ia mampu mengetahui apa yang benar–benar diinginkan orang pada umumnya, sehingga dengan cara efektif dalam kariernya ia senantiasa bisa menawarkan berbagai produk (yang hingga kini selalu terus dicari-cari orang).

 

Steve Jobs sangat mengerti bagaimana karakter calon konsumennya, bagaimana memotivasi mereka agar melakukan tindakan, dan bagaimana mereka mau terus menerus mencari produk-produk yang ditawarkan. Sampai akhirnya, para konsumen tersebut merasa bangga bisa menggunakan produk yang ditawarkannya. "A lot of times, people don’t know what they want until you show it to them".

 

Dalam menawarkan/menjual sesuatu, mungkin Anda pernah merasa calon pelanggan/calon konsumen atau calon klien tidak begitu yakin dengan Anda atau tidak yakin dengan penawaran yang diberikan.

 

Secara ilmiah, sebenarnya calon konsumen/klien tersebut sedang menangkap berbagai hal atau sinyal-sinyal mengenai diri kita, di antaranya: mengenai gerakan, nada suara, atau bahasa tubuh kita secara keseluruhan.

 

Agar calon pelanggan mau menerima kita dan apa yang kita tawarkan dengan baik, salah satunya adalah dengan senantiasa "memberikan tanggapan yang positif” dari setiap respons yang diberikan oleh mereka. Ingat, tidak sedikit para penjual pada saat baru bertemu dengan calon konsumen sudah berpikir bahwa mereka akan ditolak dan gagal dalam memberikan penawaran.

 

Maka biasanya yang terjadi adalah seperti apa yang dipikirkannya tersebut. Mereka akan benar-benar ditolak! Oleh karena itu, jika kita ingin calon konsumen/klien mau menerima penawaran kita dan selanjutnya mau terus mencari produk atau jasa kita, maka mulai hari ini praktikkan, sesering mungkin untuk senantiasa memberikan tanggapan positif dari setiap respons yang diberikan oleh calon konsumen/ klien.Ketahui lebih dalam apa saja yang bisa memotivasi konsumen untuk segera melakukan pembelian.

TUNG DESEM WARINGIN

Pelatih Sukses No. 1 Indonesia

follow Twitter: twitter.com/tungdw

 

STEPHANUS P HARDJANTO

(TDW Senior Coach Partner)

follow Facebook: http://www.facebook.com/stephanus.ph (Koran SI/Koran SI/ade)

 

 

p-89EKCgBk8MZdE.gif

 

Sumber

Share this post


Link to post
Share on other sites

×
×
  • Create New...