Jump to content
×
×
  • Create New...

Ini Dia 5 Jenis Ikan yang Paling Sehat untuk Dikonsumsi


Recommended Posts

Sumber- Ikan menjadi salah satu makanan yang memberikan banyak manfaat untuk tubuh. American Heart Association merekomendasikan untuk konsumsi ikan setidaknya dua kali dalam sehinggu untuk untuk mendapatkan manfaat sehatnya.

Ikan merupakan sumber protein dan vitamin B yang baik. Selain itu, ikan juga mengandung asam lemak esensial omega-3 yang berguna untuk mengurangi tekanan darah, peradangan, pembentukan plak di arteri, serta risiko pembekuan darah.

Namun, tidak semua jenis ikan menawarkan hal sehat tersebut. Hanya terdapat beberapa ikan yang memiliki kandungan lengkap yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Berikut terdapat beberapa ikan yang baik memiliki manfaat besar bagi tubuh, seperti dilansir dari mdlinx.

1. Ikan salmon
Ikan salmon menjadi sumber yang kaya akan asam lemak omega-3, vitamin B (terutama B12), selenium, dan fostor. Nutrisi-nutrisi tersebut sangat baik dan berguna untuk perkembangan otak.

Baca Juga: Waspada Makan Ikan Asin, Mengandung Zat Karsinogenik Pemicu Kanker

2. Ikan kembung
Ikan kembung atau makarel kaya akan asam lemak omega-3, vitamin D, magnesium, dan fosfor. Selain bermanfaat untuk otak, juga bermanfaat dalam menjaga kesehatan tulang. Namun, jenis ikan yang satu ini sangat mudah busuk. Oleh karena itu, ikan ini biasanya diolah dengan cara diawetkan.

3. Ikan haring
Ikan haring mengandung vitamin B12 dengan nilai harian sebesar 570 persen. Selain itu, jenis ikan yang satu ini juga merupakan sumber niasin, vitamin B6, vitamin D, dan fosfor. Ikan haring juga mengandung omega-3 yang baik untuk otak. Biasanya ikan ini diolah dengan cara diasinkan.

4. Ikan tuna
Ikan yang satu ini sering dibuat dalam makanan khas Jepang, yaitu sushi. Ikan tuna mengandung protein yang tinggi dan kaya akan fosfor dan vitamin D yang bermanfaat bagi tulang. Ikan tuna juga biasanya diproduksi dalam bentuk kalengan.

5. Ikan trout
Jenis ikan air tawar ini rendah kalori, tetapi kaya akan protein. Ikan trout juga menjadi sumber asam lemak omega-3, vitamin B, vitamin D, fostor, dan zat besi yang sangat bermanfaat untuk tubuh. Tidak hanya itu, jenis ikan yang satu ini juga menjadi sumber yodium yang baik bagi tubuh. (Fajar Ramadhan)

Baca Juga: Habiskan Rp20 Juta untuk Kaviar, Ternyata Begini Rasa Telur Ikan Mewah

Sumber

Link to post
Share on other sites

Komentar

Isi komentar anda sebelum mendaftar. Jika anda sudah mendaftar, ->login<- sekarang untuk mengomentari menggunakan akun anda.

Guest
Komentari...

×   Pasted as rich text.   Paste as plain text instead

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Draft konten dipulihkan..   Hapus draft

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.