Jump to content
FJB - Forum Jual Beli Indonesia

Archived

This topic is now archived and is closed to further replies.

Lebay

Wah, Mi Sedaap Berhasil Balap Indomie

Recommended Posts

TqIDShp5du.jpg[h=6]Ilustrasi. (Foto: Okezone)[/h]

JAKARTA – Mi instan merek Sedaap yang diproduksi oleh Wings Food mengungguli kompetitornya, Indomie produksi PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP). Hal tersebut berdasarkan riset pemasaran yang dihelat oleh Kantar Worldpanel.Terkait brand Sedaap, ternyata 99 persen konsumen di Indonesia membeli merek ini dengan rata-rata pembelian sebanyak 54 kali dalam kurun waktu satu tahun. Artinya, hampir seluruh konsumen di Tanah Air membeli produk-produk bermerek Sedaap. Sedangkan brand Indomie menyusul ke urutan kedua dengan pembelian konsumen sebanyak 96 persen dengan frekuensi sebanyak 43 kali dalam waktu satu tahun.

Kedua brand lokal tersebut dominan menjual produk-produk mie instan. Wajar, jika kedua brand tersebut ada di peringkat atas karena berdasarkan perhitungan, frekuensi rata-rata konsumen Indonesia membeli mi instan adalah sebanyak 324 bungkus dalam satu tahun. Pembelian mie instan tersebut paling besar dibandingkan dengan frekuensi untuk produk kategori lain di pasar FMCG.

“Jadi mie instan adalah produk yang paling diminati konsumen di Tanah Air. Pada penelitian Kantar yang terakhir juga menjelaskan bahwa, ditemukan banyak produk mi instan di dalam keranjang belanja saat konsumen membeli produk di pasar, lebih banyak dibandingkan produk lain seperti, kopi instan dan biskuit,” kata General Manager Kantar Worldpanel Indonesia, Lim Soon Lee dalam keterangan tertulisnya, Senin (6/5/2013).

Selanjutnya, peringkat ketiga diraih oleh brand produk produk bumbu dapur yakni Masako, peringkat ke empat diraih oleh produk kopi ABC Santos, Royco diposisi ke lima dan Kapal Api diurutan ke enam. Kemudian Frisian Flag untuk produk susu di peringkat ke tujuh, biskuit Roma diperingkat ke delapan. Segment personal care dan home care yakni Lifebuoy dari Unilever berada di ranking ke sembilan dan Rinso pada urutan ke sepuluh.

Kantar Worldpanel, perusahaan riset pemasaran untuk produk Fast Moving Consumer Goods (FMCG), merilis hasil penelitian bertajuk Kantar Worldpanels Brand Footprint Ranking. Dalam penelitian ini, Kantar memaparkan sejumlah brand atau merek yang menjadi pilihan konsumen di seluruh dunia dan Indonesia pada tahun 2012.

Coca Cola

Sementara itu, berdasarkan riset tersebut, brand yang menjadi pilihan konsumen dunia yakni, Coca Cola. Produk minuman ini didaulat menjadi world’s most chosen brand atau brand yang paling banyak dipilih di seluruh dunia.

Brand untuk produk minuman ini berhasil mengalahkan brand lain di sektor FMCG karena telah dibeli oleh 44 persen konsumen di seluruh dunia, dengan rata-rata sebanyak 15 kali dalam setahun. Ini artinya, frekuensi pembelian konsumen di seluruh dunia untuk produk Coca Cola adalah sebanyak 5.3 milliar kali dalam satu tahun.

Pada urutan kedua, world’s most chosen brand diraih oleh Colgate, yakni produk perawatan mulut (oral care). Coltage berhasil menempati posisi kedua setelah Coca Cola karena dibeli lebih dari setengah konsumen di dunia (65 persen) untuk semua produk oral care yang dimilikinya. (wdi)

 

p-89EKCgBk8MZdE.gif

 

Sumber

Share this post


Link to post
Share on other sites

×
×
  • Create New...