Jump to content
FJB - Forum Jual Beli Indonesia

Archived

This topic is now archived and is closed to further replies.

Lebay

Jadi Konsumen pun Harus Cerdas!

Recommended Posts

SkRNi6Fbbc.jpgIlustrasi. (Foto: okezone)

 

 

 

PEREKONOMIAN Indonesia telah menunjukkan kemajuan sangat pesat yang ditandai dengan pertumbuhan ekonomi rata-rata sekira enam persen dalam lima tahun terakhir, serta pendapatan per kapita yang telah mendekati USD4.000.Namun demikian, memang masih terdapat sejumlah hal yang memerlukan perhatian lebih lanjut, antara lain dalam bidang infrastruktur, penegakan hukum, regulasi, kesehatan masyarakat, pendidikan, sumber daya manusia, dan masalah lingkungan.

 

Di masa mendatang perekonomian Indonesia masih menjanjikan. Meskipun Indonesia telah menjadi the new darling of the world, namun Indonesia masih dibayangi kemungkinan adanya dampak krisis sejumlah negara di berbagai belahan dunia lain yang bisa mempengaruhi minat direct investment ke Indonesia, serta eskpor Indonesia ke berbagai negara.

 

Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi juga telah membuat konsumen di Indonesia semakin teredukasi dan terinformasi yang pada gilirannya membuat mereka semakin tinggi tuntutan dan harapannya terhadap berbagai produk-baik barang maupun jasa-serta dukungan layanan-layanannya.

Konsumen menjadi semakin sulit untuk dipuaskan dan semakin sulit untuk menjadi loyal terhadap suatu merek. Hal ini menunjukkan semakin kuatnya tingkat sofistikasi konsumen dan semakin bergesernya posisi menawar (bargaining position) ke arah konsumen.

 

Lebih jauh lagi, dengan dukungan berbagai platform social media maka membuat kekuatan kolektif konsumen semakin tidak dapat diabaikan. Para pelaku bisnis yang menawarkan berbagai barang dan jasa dituntut untuk semakin prokonsumen.

 

Mereka tidak bisa lagi mengabaikan hak-hak konsumen, apalagi membohongi konsumen. Para pelaku bisnis bahkan sudah harus melangkah lebih jauh lagi dari sekadar customer centric, yaitu dengan melihat pasar secara lebih holistik yang pada gilirannya mendorong penerapan pemasaran yang mengacu pada human spirit.

 

Oleh karenanya, etika sebagai bagian dari aspek human spirit tersebut harus diterapkan secara konsisten dan menjadi suatu bagian tidak terpisahkan dalam proses pertukaran nilai (exchange of value) dengan berbagai pemangku kepentingan khususnya dengan konsumen.

 

Berkenaan dengan itu, Indonesia Marketing Association (IMA menyambut bahagia dan mendukung sepenuhnya peringatan Hari Konsumen Nasional (HKN) pada 20 April 2013 mendatang yang dicanangkan oleh Kementerian Perdagangan RI.

 

IMA mempunyai pandangan yang sangat sejalan dengan HKN yang antara lain bertujuan untuk mencerdaskan konsumen serta mendorong penerapan etika oleh para pelaku bisnis. HKN 2013 diharapkan menjadi momentum dan mendorong IMA menjadi pelopor Gerakan Konsumen Cerdas.

 

Memang sudah saatnya sekarang hubungan antarakonsumen dan penyedia produk menjadi lebih horisontal, di mana konsumen bukan lagi sekadar menjadi obyek. Oleh karenanya, pendekatan komunikasi tidak bisa lagi bersifat searah namun harus dua arah sehingga tercipta suatu conversation melalui berbagai platform komunikasi pemasaran Above The Line-Below The Line dan offline/online.

 

Daya saing perusahaan tidak lagi cukup dibangun hanya dengan mengandalkan pendekatan product centric, namun harus menjadikan misi sosial sebagai bagian integral dalam berbagai proses penciptaan nilai(value creation) di suatu perusahaan.

 

Apabila perusahaan ingin menjaga keberlanjutannya maka perusahaan tersebut harus bisa melebur dengan berbagai komunitas di mana perusahan tersebut eksis. Sebagai manifestasi salah satu tujuan IMA sesuai yang tercantum dalam anggaran dasarnya, yaitu meningkatkan kecerdasan dan kesejahteraan bangsa Indonesia, IMA akan terus mendukung pemerintah dalam berbagai upaya perlindungan konsumen termasuk berbagai upaya pemberdayaan konsumen (customer empowerment).

 

IMA juga akan mendorong para pelaku bisnis berkomitmen untuk menerapkan pendekatan human spirit dalam menjalankan bisnisnya dengan tetap mempertahankan kualitas produk dan layanannya yang tinggi, namun pada sisi lain juga konsisten menerapkan strategi harga yang air bagi konsumen serta ketersediaan produk yang terjamin.

 

IMA juga mengajak seluruh perusahaan untuk dapat saling menghormati para pesaingnya dalam sebuah kompetisi yang sehat dan pada sisi lain mengajak seluruh perusahan untuk semakin mencintai para konsumen yang dilayaninya. IMA percaya bahwa pendekatan seperti inilah yang pada akhirnya dapat semakin meningkatkan daya saing perusahaan-perusahaan Indonesia di tingkat global.

Muhammad Awaluddin

Presiden Indonesia Marketing Association 2013-2015 (ade)

 

 

p-89EKCgBk8MZdE.gif

 

Sumber

Share this post


Link to post
Share on other sites

×
×
  • Create New...