Jump to content
FJB
virus

Latihan Pernapasan Dan Senam Pada Ibu Hamil

Recommended Posts

Latihan Pernapasan

 

Ada 3 jenis latihan pernapasan yang diajarkan ,yaitu pernapasn perut yang berguna untuk menjaga kadar oksigen dari ibu ke janin saat usia kehamilan diatas 7 bulan. Ke-2 adalah pernapasan dada yang berperan penting selama proses persalinan. Ke-3 adalah pernapasan iga yang juga berperan penting selama persalinan.

 

Cara melakukan latihan pernapasan:

Pada dasarnya pelaksanaan ke-3 latihan pernapasan ini hampir sama. Yang membedakan hanyalah posisi tangan. Misalnya pada pernapasan perut,posisi tangan di atas perut. atau pernapasan iga dengan cara meletakan tangan di tulang iga bawah payudara.

Satu hal yang penting dilakukan sebelum dan setelah menjalankan senam adalah peregangan untuk mencegah cidera dan mengurangi rasa nyeri yang berhubungan dengan kehamilan.

 

 

Gerakan Senam Hamil

 

1.Latihan Otot Kaki dan Betis (mencegah atau menghilangkan bengkak dan kram kaki)

  • Duduk dengan posisi kedua kaki diluruskan dan saling menempel
  • Letakan tangan di samping badan
  • Gerakan dua telapak kaki dengan arah jatuh ke depan hingga otot betis terasa ditarik,lalu dikembalikan ke posisi semula (menghadap ke atas)
  • Hadapkan ke-2 telapak kaki,tahan,dan kembalikan posisi telapak menghadap ke atas.
  • Putar kedua telapak kaki ke arah samping,lalu posisikan berhadapan dan kembali ke posisi telapak kaki menghadap ke atas.
  • Pijat perlahan jari kaki dan betis untuk melemaskan otot-otot yang kaku,sehingga mengurangi risiko terjadinya kram pada kaki.

 

2.Latihan Otot Bokong (mengencangkan otot bokong dan mencegah ambeien saat kehamilan)

  • Tubuh tidur telentang di atas matras dan kepala pakai bantal
  • Letakan tangan di samping badan dan tekuk ke-2 kaki
  • Tundukan kepala,lakukan gerakan kegel dengan mengerutkan bokong ke dalam,sehingga bokong terangkat,lalu kembalikan ke posisi semula.

 

3.Latihan Anti-Sungsang

  • Duduk dengan kedua kaki diluruskan dan saling menempel
  • Letakan tangan di samping badan
  • Gerakan kedua telapak kaki dengan arah jatuh ke depan hingga otot betis terasa ditarik,lalu kembalikan ke posisi semula (menghadap ke atas)
  • Lalau hadapkan ke-2 telapak kaki,tahan,dan kembalikan posisi telapak kaki menghadap ke atas.
  • Putar kedua telapak kaki ke arah samping ,lalu posisikan berhadapan dan kembalikan ke posisi telapak kaki menghadap ke atas.

 

4.Latihan Otot Paha Bagian Dalam (Memperluas jalan lahir)

  • Duduk bersila dan letakan ke-2 tangan di atas lutut
  • Tekan dan jatuhkan badan ke depan sehingga bokong terangkat,lalu kembalikan ke posisi semula.

 

 

5.Latihan Otot Perut (Melemaskan otot perut)

  • Tidur telentang (pakai bantal) lalu letakan ke-2 tangan di atas perut
  • Tekuk ke-2 kaki dengan jarak sejengkal
  • Kembang-kempiskan perut secara bergantian dengan cara bernapas perlahan.

Share this post


Link to post
Share on other sites

Join the conversation

Anda bisa menambah topik baru dan mendaftar kemudian. Jika anda sudah mendaftar, masuk sekarang untuk mengomentari menggunakan akun anda.

Guest
Reply to this topic...

×   Pasted as rich text.   Paste as plain text instead

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.


×
×
  • Create New...